Panduan memilih CCTV yang sesuai kebutuhan Indoor atau Outdoor, 420TVL atau 520TVL, Led atau Solid Light

Panduan memilih CCTV

Analog atau ip camera ?

Secara teknologi, analog CCTV sudah ketinggalan jaman. Namun tetap diminati karena biaya investasinya lebih murah daripada Digital Camera. Perbedaannya bisa 2 - 3 kali. Langkah pertama yang harus lakukan adalah menentukan sistem ini.

ANALOG CAMERA

IP CAMERA

Harga kamera murah Harga kamera relatif mahal
Resolusi rendah (max 700TVL) Resolusi tinggi ( Mega Pixel )
Bandwith internet kecil Bandwith internet besar
Biaya instalasi tinggi Biaya instalasi rendah
Kualitas warna jelek Kualitas warna bagus
Cenderung overexposure Tetap jelas pada kondisi kontras
   

Memasang IP Camera Avtech tidak memerlukan keahlian khusus. Yang perlu anda lakukan hanyalah menancapkan kabel CAT5 dari IP Camera ke NVR saja. Kamera langsung dikenali dan muncul di monitor. Tidak perlu setting IP address karena NVR Avtech sudah canggih.

Analog VS IP Camera

Kamera Analog cenderung terlalu gelap sekaligus terlalu terang. Untuk kondisi cahaya ekstrem IP Camera menampilkan gambar yang lebih baik. Demikian pula detailnya lebih terlihat.

Analog vs ip camera indoor

Warna kamera analog cenderung kehijauan. IP Camera lebih natural dan tidak bergerigi. Ketika di ZOOM kamera analog pasti pecah.

Kamera analog zoom 3 kali atau 300 persen

ip camera zoom 3 kali atau 300 persen

Tentang Biaya Pemasangan IP Camera

Setiap analog camera harus menarik kabel dari CCTV ke DVR. Jika jaraknya 10 meter maka kabelnya juga 10 meter. Ada dua jenis kabel yang anda butuhkan untuk CCTV Analog, yaitu kabel video dan kabel power. Anda memerlukan 10m kabel coaxial dan 10m kabel power.

" POE (Power Over Ethernet) artinya 1 kabel untuk video sekaligus sebagai kabel power. Inilah salah satu kelebihan IP Camera "

Untuk IP Camera tidak selalu harus menarik kabel dari kamera ke NVR. Jika ada switch hub di sekitarnya maka anda hanya perlu menyambungkan kabel dari kamera ke switch hub. Misalnya jarak antar IP Camera dengan NVR 25 meter, sementara di sekitarnya ada switch hub yang berjarak 3 meter. Maka kabel yang anda perlukan hanya 3 meter saja, bukan 25 meter. Dengan menggunakan IP camera POE maka anda tidak perlu membeli kabel power.

CCTV LENS ANGLE

Orang sering menyebut lens angle ini dengan istilah gambar jelas atau gambar tidak jelas. Gambar yang jauh cenderung tidak jelas sementara gambar yang dekat cenderung dikatakan lebih jelas. Padahal yang sebenarnya dimaksudkan adalah lens angle of view atau sudut pandang lensa kamera CCTV.

Mari kita lihat spesifikasi kamera Avtech sejuta umat, si KPC 133 HiRes.

Lens Angle CCTV Avtech

Hasil gambar kpc133

Dengan lensa ukuran 3,6mm, area yang dapat ditangkap oleh kamera lebih luas, namun gambar cenderung cembung atau lebih dikenal dengan fish eye. Faktor kedua yaitu angle-of-view juga lebih lebar.

 

Dan sebagai perbandingannya, mari kita lihat spesifikasi KPC 149 HiRes.

Lens angle kamera KPC149

Hasil gambar Avtech KPC149

KPC 149 menggunakan lensa ukuran 6 mm sehingga obyek yang jauh terlihat lebih dekat. Anda bisa melihat lens angle mengecil menjadi 54°. Areanya menjadi lebih sempit namun gambarnya menjadi jelas.

Vari-focal Lens

Dua kamera yang kita lihat di atas tadi menggunakan mono-focal lens atau lebih dikenal dengan fix lens. Kita tidak bisa mengubah lens angle kamera. Sedangkan vari-focal lens adalah lensa yang sudut da fokusnyanya bisa kita ubah menjadi wide atau narrow.

" Semakin besar angka lens angle, semakin sempit sudut pandangnya."

Mana yang lebih besar ? 2 cm atau 16 cm ? Mana yang lebih kecil ? 3,6 mm atau 16mm ? Sekarang mana yang view-of-angle lebih lebar ? 3,6 mm atau 16 mm ? Untuk lebih mudahnya, anda balik saja pengertian tentang besar kecil angka lens angle

Semakin besar angkanya, sudutnya semakin menyempit, sebaliknya semakin kecil angkanya, sudutnya akan semakin melebar. Mari kita lihat spesifikasi analog camera AVC181.

 

Lens Angle AVC181

KPC 149 menggunakan lensa ukuran 6 mm sehingga obyek yang jauh terlihat lebih dekat. Anda bisa melihat lens angle mengecil menjadi 54°. Areanya menjadi lebih sempit namun gambarnya menjadi jelas.

IMAGE SENSOR & PROCESSOR

Tidak ada yang lebih penting dari sebuah CCTV selain image sensor dan chipset yang digunakan. Ada 2 tipe image sensor yang banyak digunakan yaitu CCD dan CMOS. Mari kita bandingkan dulu kedua kamera ini :

1/3 cctv

AVM 217 menggunakan CMOS sensor ukuran 1/3

 

1/4 image sensor sony effio

AVM 812 WiFi menggunakan Sony CMOS sensor ukuran 1/4

 

1/3 jelas berbeda dengan 1/4. Namun apa pengaruhnya terhadap CCTV sendiri ? Angka ini mewakili besarnya ukuran sensor. Jadi 1/3 sensor lebih besar dan juga lebih mahal daripada 1/4. Sensor yang lebih besar mampu menangkap area yang lebih luas atau angle-of-view lebih lebar.

Perbedaan gambar sensor 1/3 dengan 1/4

Image Processor

Anda bisa melihat bahwa AVM 217 menggunakan 1/3" High Resolution sedangkan AVM 812 menggunakan 1/4" Sony High Resolution. Dari teori yang di atas seharusnya harga processor AVM 217 lebih mahal daripada processor AVM 812. Tapi kenyataannya tidak demikian, harga processor AVM 217 lebih murah karena tidak menggunakan chipset Sony.

cctv dengan sony effio chipset

" Harga tidak pernah bohong. Kualitas Warna dan daya tahan yang menjadi buktinya "

Banyak sekali kamera CCTV yang lebih murah dari Avtech. Selain itu, di pasaran juga beredar Avtech palsu yang menggunakan chipset kualitas rendah. Jika dibandingkan, anda akan melihat perbedaan warna, ketajaman & usia. Kamera kualitas rendah, 2-3 bulan dipakai gambarnya akan memudar.

CCD VS CMOS

Kita pernah membaca bahwa kamera CCD lebih bagus daripada CMOS. Bahwa kamera CCD lebih terang di tempat gelap atau kamera CMOS lebih banyak noise pada hasil gambarnya. Tetapi tahukah anda bahwa apa yang selama ini anda baca sudah ketinggalan jaman ? Perhatikan tanggal penulisan artikel yang anda baca di internet.

Perbedaan CCD dan CMOS ada pada teknologi yang digunakan untuk menangkap cahaya. Setiap sensor pada CCD digunakan untuk menangkap cahaya sedangkan sensor CMOS menangkap cahaya sekaligus merubahnya menjadi digital. Karena sensor CCD lebih luas, cahaya yang ditangkapnya lebih banyak. Implikasinya sekalipun kondisinya gelap, kualitas gambarnya lebih baik daripada CMOS yang ruang sensor cahayanya lebih kecil.

CCD VS CMOS image sensor

" 99,99% kamera pada ponsel menggunakan sensor CMOS yang lebih hemat energi, 10 sampai 100X lebih efisien "

Dulu, sebelum tahun 2010, kualitas gambar CCD memang lebih baik daripada CMOS. Tetapi sekarang sudah sama, malahan hasil gambar CMOS lebih baik daripada CCD. Hal ini disebabkan banyakanya pabrik yang megembangkan teknologi CMOS. Alasan pabrikan lebih memilih CMOS adalah biaya produksinya lebih murah, prosesornya hemat energi dan fleksibilitas device.

IP Camera Avtech yang memiliki fitur POE pasti menggunakan sensor CMOS. Jangan kuatir dengan hasil gambarnya karena sensor IP Camera Avtech berkualitas tinggi. Sebenarnya, yang menentukan ketajaman video itu bukan jenis sensor yang digunakan, tetapi harga sensornya. Kamera dengan CCD harga 1,5 jutaan hasilnya pasti lebih lebih bagus daripada kamera CMOS harga 300 ribuan. Demikian pula kamera CMOS 3 jutaan pasti kualitas gambaranya lebih tajam & lebih cerah dibandingkan kamera CCD 1,5 jutaan tadi.

 

INDOOR atau OUTDOOR Camera ?

Secara umum, kamera CCTV dibagi menjadi dua kategori :
1. Indoor camera
2. Outdoor camera.

Semua kamera memang terlihat sama secara fisik, namun spesifikasinya berbeda. Jika anda lihat di daftar kamera CCTV atau IP Camera kami, kamera outdoor umumnya berbentuk bullet. Sedangkan kamera indoor berbentuk dome dan cube. Namun bentuk tidak bisa dijadikan patokan kamera indoor atau outdoor. Standar yang benar adalah IP CODE.

kamera outdoor AVN365 dengan IP 67

 

IP adalah singkat dari Ingress Protection (Marking), beberapa menyebutnya International Protection (Marking). Standar interanasional ini digunakan untuk menilai ketahanan obyek terhadap sentuhan tangan, debu, benturan, bantingan atau air. IP code terdiri dari 2 angka.

Angka pertama mewakili benda padat yang menyentuh obyek sedangkan angka kedua mewakili benda cair. Contohnya IP22, berarti obyek tersebut tahan terhadap benda yang berukuran 12,5mm - 50 mm dan sedikit percikan air. Contohnya adalah sentuhan jari dan tetesan keringat kita.

" Sony Xperia Z Ultra adalah ponsel pertama yang memiliki IP CODE, yaitu IP58 "

Kategori 5 pada Xperia Z Ultra mewakili ketahan terhadap debu, istilahnya Dust Resistant. Sedangkan katergori 8 benda cair berarti tahan dicelupkan ke dalam air maksimal 3 meter. Namun Sony membatasi kemampuan Xperia Ultra adalah 1,5m selama 30 menit. Cukup keren, namun hanya bisa terima & kirim SMS saja, tidak bisa dibuat telepon.

IP Code kategori 6 tahan terhadap debu (Dust Tight). Sebenarnya IP67 bisa dicelupkan ke dalam air selama 30 menit, namun kedalaman maksimalnya 1 meter. Tapi kami tidak menyarankan untuk menyelupkan kamera Avtech anda kedalam air ^-^'.

Kenapa harus IP67 ? Karena air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Mata telanjang anda tidak bisa melihat lubang 0,005mm, tetapi air bisa masuk melalui lubang kecil itu. Contohnya adalah embun pagi hari. Kamera yang bukan IP67 akan mengembun, menutupi penutup lensa dan lama-lama akan nge-flek sehingga gambar kabur. Jika anda sedang apes, embun ini akan masuk ke mainboard dan menyebabkan konsleting !

" Minimal IP 66 baru boleh diletakkan di luar ruangan, namun tidak terkena air secara langsung "

Jadi pastikan IP Code kamera anda sebelum menentukan mau dipasang di dalam atau di luar ruangan. Namun penempatan IP66 hanya boleh di tempat yang tidak terkena air secara langsung. Contohnya di teras rumah anda. Untuk IP67 boleh diletakkan di atas pagar rumah anda.

INFRA RED PADA CCTV

Baik kamera indoor dan kamera outdoor dapat dibagi menjadi dua ;
1. Dengan Infra Red
2. Tanpa Infra Red

Infra red berfungsi ketika kondisi ruangan gelap atau remang-remang. Kamera tanpa infra red tidak menampilkan gambar sama sekali alias BLANK. Sebaliknya, kamera dengan lampu IR bisa menampilkan gambar dengan baik. Hanya saja jangkauan kamera akan berkurang.

Perbandingan kamera infra red

Sebagai contoh,  KPC133 dengan standar lensa 3.6mm (sudut pandang 92.6') waktu kondisi terang obyek terjauh dapat terlihat meskipun kecil. Ketika kondisi menjadi gelap jarak pandang efektif dengan infra red menjadi 15 meter dengan 21 IR LED.    

Semakin banyak jumlah IR LED pada cctv camera maka semakin jauh pula area ruangan yang terlihat. KPC139 dengan 35 IR LED dapat mencover sejauh 35 meter. Sedangkan AVC472 jarak efektif  Infra Red mencapai 40 meter (56 IR LED)

Kemampuan suatu kamera untuk menangkap gambar pada ruangan yang minim cahaya juga dipengarui oleh spesifikasi lux lensanya. Angka nol pada satuan lux berarti keadaan tidak ada cahaya sama sekali atau gelap total. Semakin kecil nilai lux pada kamera akan semakin baik dalam menangkap gambar pada ruangan yang gelap.

KPC139 (0.05 lux) akan menampilkan gambar yang lebih baik daripada KPC138 (0.1 lux).

HIGH RESOLUTION  CAMERA

High Resolution CCTV CameraResolusi atau ketajaman kamera CCTV menggunakan satuan TVL atau TV lines. Resolusi untuk kamera standar umumnya 420 TVL, sedangkan kamera resolusi tinggi umumnya diatas 500 TVL.

Perbedaan kamera standar dengan kamera HR akan terlihat jika ukuran layar televisi kita besar atau menggunakan LCD TV. CCTV resolusi rendah akan tampak bergerigi atau pecah. Karena resolusi tertinggi TV tabung adalah 640 X 200 pixel sedangkan resolusi LCD terendah 1366 X 768 pixel

Demikian pula dengan ketajaman warnanya. Color Depth TV tabung tertinggi hanya 4 bit atau 16 warna, sedangkan color depth LCD TV terendah adalah 18 bit atau 262.144 warna. Karena itulah CCTV analog akan pecah jika terlalu banyak warna merah atau biru.

Selain itu, High Resolution Camera akan menampilkan gambar yang lebih tajam ketika kondisi pencahayaan minimal dibandingkan dengan Standar Resolution Camera.